CONTOH PERINTAH TOOLBAR PADA MS WORD
1.Menu File, Sub Menu File
• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan –
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran –
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom –
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik –
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web –
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru –
Style and Formating : Mengubah style dan format –
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Object : Memformat suatu objek –
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
– Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
– Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
– Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
– Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
– Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya –
– Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya –
– Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
– Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
– Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
– Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
– Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri –
– Template and add-ins : Mengatur tampilan template –
– AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis –
– Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
– Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
– Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
– Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
– Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
– Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
– Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
– Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
– Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
– AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
– Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
– Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
– Sort : Mengurutkan data atau teks
– Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
– Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
– Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
– New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
– Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
– Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari
dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
– Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word –
– Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
– Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
– Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
– Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
– About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word
1.Menu File, Sub Menu File
• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
•Seacrh :Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. Word
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan –
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran –
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom –
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik –
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web –
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru –
Style and Formating : Mengubah style dan format –
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Object : Memformat suatu objek –
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
– Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
– Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
– Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
– Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
– Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya –
– Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya –
– Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
– Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
– Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
– Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
– Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri –
– Template and add-ins : Mengatur tampilan template –
– AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis –
– Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
– Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
– Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
– Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
– Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
– Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
– Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
– Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
– Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
– AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
– Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
– Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
– Sort : Mengurutkan data atau teks
– Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
– Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
– Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
– New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
– Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
– Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari
dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
– Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word –
– Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
– Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
– Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
– Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
– About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
Fungsi-fungsi Menu Bar pada Microsoft Word
1.Menu File, Sub Menu File
• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
•Seacrh :Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. Word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan –
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran –
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom –
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik –
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web –
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru –
Style and Formating : Mengubah style dan format –
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Object : Memformat suatu objek –
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan –
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif –
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih –
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran –
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom –
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen –
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph –
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik –
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya –
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat –
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen –
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web –
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame –
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru –
Style and Formating : Mengubah style dan format –
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks –
Object : Memformat suatu objek –
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
– Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
– Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
– Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
– Autosummarize: Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
– Speech: Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya –
– Track Changes: Menandai teks yang baru diubah sisinya –
– Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
– Protect Document: Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
– Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
– Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
– Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri –
– Template and add-ins : Mengatur tampilan template –
– AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis –
– Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan –
– Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
– Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
– Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa –
– Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
– Autosummarize: Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
– Speech: Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya –
– Track Changes: Menandai teks yang baru diubah sisinya –
– Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya –
– Protect Document: Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen –
– Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet –
– Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard –
– Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri –
– Template and add-ins : Mengatur tampilan template –
– AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis –
– Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan –
– Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
– Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
– Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
– Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
– Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
– Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
– Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
– Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
– AutoFit: Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
– Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
– Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
– Sort : Mengurutkan data atau teks
– Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
– Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
– Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel –
– Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
– Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
– Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
– Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
– Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
– Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
– Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
– AutoFit: Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
– Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
– Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
– Sort : Mengurutkan data atau teks
– Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
– Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
– Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
– New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
– Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
– Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
– New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
– Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
– Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
– Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word –
– Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
– Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
– Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
– Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
– About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan.
– Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word –
– Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
– Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
– Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
– Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
– About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan.
Fungsi menu didalam Ms Word 2003
ToolBar Menu
ToolBar Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang digunakan
untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft Word.
Yang termasuk didalam ToolBar Menu seperti dibawah ini:
ToolBar Menu
ToolBar Menu merupakan kumpulan perintah-perintah yang digunakan
untuk membuat suatu dokumen dalam program pengolah kata Microsoft Word.
Yang termasuk didalam ToolBar Menu seperti dibawah ini:
1. Menu File
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
Menu file berfungsi untuk mengatur file dokumen seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
1. New : Membuat file yang baru
2. Open : Membuka File yang pernah kita buat
3. Close : Menutup file yang sedang kita buka
4. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi
nama
5. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7. Web page Preview : Preview halaman web
8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
11. Sent To : Mengirimkan dokumen
12. Exit : Keluar dari Program Word
2. Open : Membuka File yang pernah kita buat
3. Close : Menutup file yang sedang kita buka
4. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi
nama
5. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7. Web page Preview : Preview halaman web
8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
11. Sent To : Mengirimkan dokumen
12. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen
1. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11. Go To : Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan c cepat
3. Menu View
Menu View berfungsi untuk mengatur bagaimana tampilan dokumen
1. Normal : Menampilkan format teks tetapi disederhanakan halamannya
sehingga mempermudah kita dalam melakukan pengetikan, dan pengeditan dokumen
2. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
3. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
4. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
5. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
6. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
7. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
8. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
9. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
2. Print Layout : Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
3. Reading Layout : Membaca dokumen halaman per halaman
4. Task Pane : Menampilkan beragam perintah cepat Word
5. Ruller : Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
6. Markup : Melakukan pengaturan komentar dalam projek :
7. Headaer and Footer : Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
8. Full Sscreen : Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
9. Zoom : Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
4. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
1. Break : Berganti Halaman
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja
5. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll
1. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
6. Menu Tools
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
Menu Tools mempunyai fungsi untuk mengatur program kerja
1. Speling and Grammar :Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
2. Research :Mencari dokumen tertentu
3. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
4. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
5. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
6. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
2. Research :Mencari dokumen tertentu
3. Letter and Mailing :Membuat surat dan email
4. Macro :Membuat macro, merekam, dan memproteksi makro
5. Customize :Pengaturan, penambahan, dan pengurangan jenis ikon y yang aktif yang akan digunakan dalam menu
6. Options :Melakukan pemilihan dan pengaturan metode maupun pengaturan umum
7. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
Menu Table berfungsi untuk membuat tabel dan mengatur tabel tersebut
1. Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
8. Menu Windows
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
Menu Windows berfungsi untuk mengatur lembar kerja
1. New Window : Membuat lembar kerja window baru
2. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
3. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
2. Arrange : Menyusun dokumen-dokumen yang aktif
3. Split : Membagi lembar kerja dalam beberapa bagian
9. Menu Help
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
1. Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
Menu help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word
1. Microsoft office Word help : Menampilkan fasilitas help yang biasa membantu kita dalam menyelesaikan masalah
Toolbar Standart
1. New Blank Document : Membuat file yang baru
2. Open : Membuka file yang telah disimpan
3. Save : Menyimpan dokumen
4. Permission : Menentukan izin akses dokumen
5. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
6. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
7. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
8. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
9. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
10. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
11. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
12. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
13. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
14. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
15. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
16. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
17. Insert Table : Menyisip tabel
18. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
19. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
20. Drawing : Menampilkan menu Drawing
21. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
22. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
23. Help : Menampilkan Bantuan
24. Read : Membaca dokument halaman per halaman
1. New Blank Document : Membuat file yang baru
2. Open : Membuka file yang telah disimpan
3. Save : Menyimpan dokumen
4. Permission : Menentukan izin akses dokumen
5. E-Mail : Membuat dokumen menjadi surat email
6. Print : Mencetak dokument yang sudah diketik
7. Print Preview : Melihat tampilan dokumen sebelum di cetak
8. Spelling and Grammar : Mengoreksi naskah dalam bahasa inggris
9. Research : Melakukan pencarian dokumen dalam suatu file
10. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja kita
11. Copy : Mencopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
12. Paste : Mengambil objek yang sudah ada dalam clipboard
13. Undo Typing : Membatalkan perintah yang sudah dilakukan
14. Can’t Redo : Membatalkan Perintah yang sudah dibatalkan
15. Format Painter : Memformat naskah dengan fasilitas Painter
16. Tables and Borders : Menampilkan menu Tabel dan Border
17. Insert Table : Menyisip tabel
18. Insert Ms Excel : Menampilkan lembar kerja Microsoft Excel
19. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
20. Drawing : Menampilkan menu Drawing
21. Show/hide : Menampilkan atau menyembunyikan karakter yang tersembunyi
22. Zoom : Memperbesar/memperkecil Lembar Kerja
23. Help : Menampilkan Bantuan
24. Read : Membaca dokument halaman per halaman
ToolBar Formatting
1. Styles and Formating : Memformat huruf
2. Style : Jenis jenis huruf
3. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
4. Font Size : Ukuran huruf
5. Bold : Menebalkan huruf teks
6. Italic : Membuat Teks menjadi miring
7. Underline : Menggaris bawahi Teks
8. Align Left : Perataan Kiri
9. Center : Perataan tengah
10. Align Right : Perataan kanan
11. Justify : Perataan kiri-kanan
12. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
13. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
14. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
15. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
16. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
17. Outside Border : Membuat border pada teks
18. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
19. Font Colour : Mengatur Warna teks
1. Styles and Formating : Memformat huruf
2. Style : Jenis jenis huruf
3. Font : Merubah Jenis-jenis Huruf
4. Font Size : Ukuran huruf
5. Bold : Menebalkan huruf teks
6. Italic : Membuat Teks menjadi miring
7. Underline : Menggaris bawahi Teks
8. Align Left : Perataan Kiri
9. Center : Perataan tengah
10. Align Right : Perataan kanan
11. Justify : Perataan kiri-kanan
12. Line Spacing : Mengatur spasi dalam pengetikan
13. Numbering : Memberi nomor secara berurutan setiap baris
14. Bullets : Memberi simbol tertentu yang hampir sama dengan nomor paragraf
15. Decrease Indent : Menggeser Indentasi ke kiri
16. Increaase Indent : Menggeser indentasi ke kanan
17. Outside Border : Membuat border pada teks
18. Highlight : Memberi warna arsiran pada teks
19. Font Colour : Mengatur Warna teks
Drawing ToolBar
Drawing ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar,
Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
1. AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
2. Line : Menggambar garis
3. Arrow : Menggambar Anak Panah
4. Rectangle : Menggambar Kotak
5. Oval : Menggambar Lingkaran
6. Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
7. Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
8. Insert Diagram : Menyisip Digram
9. Clip Art : Membuat gambar
10. Insert Picture : Menyisip gambar
11. Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
12. Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
13. Font Color : Merubah warna huruf
14. Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
15. Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis
putus-putus
16. Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garis
17. Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
Drawing ToolBar berfungsi untuk Menyisip/membuat objek gambar,
Menggambar, mengatur warna huruf, membuat garis dan memformatnya dsb
1. AutoShapes : Menyisip gambar AutoShapes
2. Line : Menggambar garis
3. Arrow : Menggambar Anak Panah
4. Rectangle : Menggambar Kotak
5. Oval : Menggambar Lingkaran
6. Text Box : Menyisip kotak teks ( Mengetik Teks dalam kotak)
7. Insert Word Art : Menyisip Word Art ( Tulisan Indah )
8. Insert Diagram : Menyisip Digram
9. Clip Art : Membuat gambar
10. Insert Picture : Menyisip gambar
11. Fill Color : Merubah warna isi objek gambar
12. Line Color : Merubah warna garis/bingkai objek gambar
13. Font Color : Merubah warna huruf
14. Line Style : Merubah jenis dan ketebalan garis gambar
15. Dash Style : Merubah garis dalam bentuk titik-titik / garis
putus-putus
16. Arrow Style : Merubah bentuk pangkal ujung garis
17. Shadow Style : Membuat bayangan objek gambar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar